Sepotong.....

Lilypie 6th to 18th Ticker

Saturday, November 04, 2006

Sepotong "Buku"

Di lingkungan dimana lagu2 desperate begitu popular, buku menjadi satu pilihan tepat untuk mendapatkan suasana berbeda.

Beberapa hari yang lalu aku beli buku 7 habit-nya Sean Covey, maksud hati untuk diberikan pada adik tersayang, tapi apa daya tak tahan melihat halaman pertamanya, kubaca dulu deh baru dikasihin he he he he......Karena alasan itulah, aku lebih suka meng-kado buku, biar bisa ikut menikmati juga :P

Kalo diperhatiin, jaman aku masih kecil dulu, buku menjadi salah satu hiburan pilihan buat anak-anak saat itu. Berbeda dengan anak2 jaman sekarang, begitu banyak pilihan mainan digital, hingga sangat jarang anak kecil yang menjadikan buku sebagai salah satu hiburan.
Buku-buku favorit masa kecilku a.l Noldy, serial Enid Blyton, serial detektif yang jawabannya harus dilihat di cermin, Dongeng putri dan pangeran yang kisahnya bisa ditentukan sendiri, serial TINI dan Lima Sekawan. Di buku 5 Sekawan karakter George yang memiliki anjing Timmy masih tercetak diingatan sampai sekarang. Mungkin karena selalu kesulitan mengeja kata GEORGE. Pengejaan kata GEORGE (Josh) sering kutanyakan ulang pada ibu, maklum bacanya masih dilafalkan. Mungkin karena membaca 5 sekawan-nya dengan dilafalkan maka ibu menyarankan untuk belajar membaca dalam hati (he he he brisik juga ndengerin suara cempreng anak kecil baca, 5 sekawan lagi.... ) .

Setiap buku memiliki kenangan tersendiri. Serial Tini membawa kenangan mengenai Creambath. Iya, masih tercetak dalam ingatanku gambar Tini memakai alat seperti helm di kepalanya. Kata ibu waktu itu, dia sedang creambath. Namun hal itu tidak boleh kutiru karena masih kecil.
Serial Enid Blyton yang masih kuingat tentang anak nakal yang dibawa ke suatu kota yang penuh orang jahat, lalu kisah gadis kaya dan gadis miskin yang bertukar posisi, gambar babi warna pink dan masih banyak lagi. Dari serial Enid Blyton ini saat itu bisa dipetik hikmah bahwa kekayan tidak menjamin kebahagiaan.
Lalu dari serial Noldy, aku masih ingat sikap suka membantu si Noldy dan Telinga Panjang. Aku tertarik dengan rumah kecil Noldy yang rapi, bersih, praktis dan cerah, sekarang masih menjadi impianku :) . Masih teringat juga karakter Mr. Wolby, botol2, serta mobilnya.
Kalau dari serial detektif bisa dipelajari tipe2 orang jahat dari perkataan dan raut wajah serta belajar menganalisa orang dan keadaan, selain belajar membaca terbalik.
Pernah aku dengar dari perkuliahan anak psikologi waktu sedang duduk2 di luar kelas (nguping). Sang dosen berkata "Apa yang dibaca seorang anak kecil akan membekas dalam dirinya dan mempengaruhi kepribadiannya."

Beberapa waktu yang lalu aku berniat membeli buku2 Noldy dan Enid Blyton untuk keponakan, tapi buku itu sekarang sudah sangat sulit dicari. Terakhirku lihat 7-8 tahun yang lalu di Gramedia Semarang.
posted by Dhy at 8:39 AM

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

  • Blogger

  • Google

  • Finalsense

  • Sponsored Links

  • Downloads

  • Games Review

  • Technology Magazine

  • Templates

  • Designed by FinalSense