Sepotong.....

Lilypie 6th to 18th Ticker

Monday, November 13, 2006

Sepotong "American"

Ex Big Boss saya pernah bilang bahwa bangsa pebisnis yang hebat itu bukan bangsa Cina (meskipun nenek moyang beliau tidak jauh2 dari bangsa tersebut).
Bangsa Cina hanyalah bangsa yang pandai memanfaatkan kesempatan. Mereka menjual/berdagang sesuatu berdasarkan apa yang sedang marak/diminati di lingkungan tersebut. Contohnya, meski mereka tidak memakai jilbab, tapi banyak jilbab2 produksi mereka di Tanah Abang.
Bangsa pebisnis yang hebat, menurut beliau, adalah bangsa Amerika. Orang Amerika mampu menjual es di kutub utara.

Itu mengenai bangsa pebisnis, kalau Candradimuka pebisnis menurut saya adalah Semarang. Barang siapa berhasil menjalankan bisnisnya di kota ini, bisa dipastikan ia akan menjadi salah satu konglomerat di negara ini, seperti Jaya Suprana & Charles Saerang dengan jamu-jamunya.

Kok candradimuka ? Yupe, menjual sesuatu di Semarang itu syulit buangeth. Tipikal orang Semarang itu ngirit, sekaya apapun dia. Apa2 diperhitungkan. Kalo bisa membuat sendiri, sulit sekali mendorong mereka untuk membeli suatu barang, meskipun barang itu bagus, enak dan lezat. Konsumerisme yang dibawa pendatang, tidak terlalu mewabah di sini. Malah pendatang jadi terbawa ngiritisme.
Mindset orang Semarang itu, murah dan banyak. Prinsip ekonominya adalah mendapatkan barang sebanyak2nya dan tidak mengeluarkan uang sama sekali he he he.....





Labels:

posted by Dhy at 1:28 PM

1 Comments:

Bener Jeng, saya setuju dengan postingan kamu ini tentang lifestyle orang Semarang. Bukannya karena saya orang Semarang,lho! Cuma kayanya emang bener siih: sebelum beli wajib menawar,kalo blanja liat diskon,kalo gratis paling demen!
Ini sudah saya buktikan dengan diri saya sendiri (ngaku!) plus temen2 lokal saya.

Tapi sekali Semarang tetep Semarang :)

7:44 PM  

Post a Comment

<< Home

  • Blogger

  • Google

  • Finalsense

  • Sponsored Links

  • Downloads

  • Games Review

  • Technology Magazine

  • Templates

  • Designed by FinalSense