Sepotong.....

Lilypie 6th to 18th Ticker

Monday, March 20, 2006

Sepotong “Istri untuk suamiku”

Dua minggu ini kegiatan sore saya adalah nonton sinetron. Ngikutin bibi di rumah yang jadwal nonton sinetronnya sangat teratur dan super efektif. Dalam satu waktu, ia bisa mengikuti 3 buah sinetron bebarengan. Katanya eman-eman listriknya kalau cuman untuk nonton iklan. Hebat…sudah sadar energi juga.

Biasanya saya ikut nonton untuk 5 menit pertama, selanjutnya kalo ga kesal sendiri sama ceritanya yang ga mutu, ya bingung ngikutin gaya nontonnya, jadi lebih baik tidur atau nge-blog.
Tadi tidak sengaja saya nonton sinetron “Istri untuk suamiku”, dalam 3 menit pertama, penjelasan dari bibi sudah membuat saya mengetahui isi keseluruhan cerita. Benar-benar cerita bernuansa kekerasan. Masak ada seorang wanita dikontrak dinikah dan disuruh hamil kemudian anaknya diakui sebagai anak suaminya dan istri pertamanya.

Saya jadi teringat, seorang teman pernah mengatakan bahwa sinetron di Indonesia adalah gambaran/cerminan dari kehidupan masyarakat. Oleh karena itu mereka menikmatinya dan rating untuk film2 demikian cukup tinggi.
Kalau dipikir2 mungkin benar juga, sinetron itu, lagu (TTM-nya Ratu), pengalaman, mengatakan bahwa sangat jarang orang yang benar2 mengerti dan menghargai arti suatu hubungan (relationship) dan perasaan. Menganggap perasaannya lebih penting untuk terhindar dari rasa kecewa dengan membiarkan perasaan orang lain terluka/bimbang.

Satu cerita yang membuat saya terkesan adalah pengalaman cinta my sisty. My sisty yang orang Indonesia dijatuhi cinta dan kemudian jatuh cinta dengan seorang pria eropa, UK. Hubungan jarak jauh menimbulkan berbagai ketidakpastian, apalagi jalinan cinta mereka baru terjalin di dunia maya. Sebelumnya keduanya pernah bekerja sama di kota yang sama, kota dimana sang pria jatuh cinta pada my sisty saat pandangan pertama. Namun waktu memisahkan mereka dan hubungan dilanjutkan melalui om YM dan tante yahoo mail. Ketidakpastian hubungan adalah salah satu hal yang paling dibenci banyak wanita di seantero dunia, namun dinikmati oleh para petualang cinta. Hal itulah yang membuat keduanya memutuskan untuk mengurangi frekuensi komunikasi mereka. Mungkin mereka menerapkan pepatah witing tresno jalaran saka kulina (awalnya cinta karena terbiasa) jadi supaya tidak jadi tresno (cinta) maka pepatah itupun dinegasikan witing ora tresno jalaran saka ora kulina (awalnya tidak cinta karena tidak terbiasa). Selang beberapa hari, perasaan my sisty sudah tidak menentu, rasanya tidak jujur mengingkari perasaan yang ada. Lawannya (pria UK) merasakannya di suatu waktu chatting mereka, diapun menanyakan “Are you okay ?”. Dengan jujur my sisty mengatakan “No, I’m not okay.”. Kemudian dengan gentlenya sang pria menawarkan bantuannya untuk menenangkan kembali my sisty, karena menurutnya apa yang telah terjadi di antara mereka sedikit banyak disebabkan oleh dia juga, jadi harus ditanggung berdua. Walau setahu saya pria itu tidak bisa banyak membantu my sisty untuk menetralisir perasaannya, tapi sikapnya tsb sudah lebih dari cukup.

Harusnya sinetron itu gitu dong !!! Sebenernya masih banyak orang baik dan bertanggung jawab seperti orang UK itu di Indonesia. Masih banyak kisah2 kehidupan yang bernilai luhur, tapi kenapa ngga dibuat sinetronnya ? Toh saya yakin, cerita2 yang bermuatan moral seperti itu juga memberikan nuansa gregetan bahkan kepuasan bagi penontonnya, dan bisa menjadi landasan moral masyarakat.
posted by Dhy at 9:51 PM

2 Comments:

hi Jeng, sorry for using this comment block in a peculiar way . The thing is, how can I write by and large to you if I don't have your mail address? Or do I? Well, I might have got one, but no more.. so if you can send me one, I'll be happy to answer your questions.
Btw, about the evolutionary theory, there's a link in my Naturalis blog that'll help you. It is called 'understanding evolution'. I found the web site to be really easy to follow and illustrative. One problem with it is just it accept Evolution as a fact, while I accept it as a hypothesis, running an ongoing examination.
And why didn't I just drop the link here (or in your other blog)? Well, I tried but did not succeed, they block it as a spam... :sigh:

10:51 PM  

Oh God, you don't have my email address ? How could this be ! :P You have Mas, cuman yang hotmail itu memang always full with milis :D
All right, just wait my email, and please respond it with your story 'bout evolution, I am still curios........

6:55 AM  

Post a Comment

<< Home

  • Blogger

  • Google

  • Finalsense

  • Sponsored Links

  • Downloads

  • Games Review

  • Technology Magazine

  • Templates

  • Designed by FinalSense